Fundamental Analysis (FA) vs Technikal Analysis (TA)



Andaikan seperti ini, ada sebuah toko grosir bernama INDO GROSIR (kita ibaratkan IHSG). Dimana terdapat bermacam-macam jenis barang dijual khusus untuk pedagang. Kemudian para FA masuk ke toko tersebut, apa yang mereka cari? mereka mencari nilai intristik dari barang yang mereka cari. Tentunya dengan berbagai perhitungan yang matang mengenai nilai intristik tersebut (EPS, PBV, Prospectus, LK, ROE, ROA, dst..)
Setelah semua FA tersebut mengambil keputusan, kemudian keputusan mereka tersebut TERTERA di pembukuan INDO GROSIR disini kita dapat kita andaikan dengan CHART.

CHART inilah yang menjadi DASAR dari seorang TA untuk mengambil keputusan. Mereka tidak peduli dengan nilai INTRISTIK tersebut karena bagi mereka "harga" itulah nilai sesungguhnya, ketika para FA sudah mengambil keputusan, seorang TA melihat produk mana yang paling banyak di-beli kemudian memutuskan IKUTAN membeli produk tersebut

Jadi,, apakah bisa seorang TA membeli produk yang sama dengan seorang FA? BISA..Tapi dengan plan yang sama? TIDAK

Jika analisa fundamental berfokus pada kekuatan yang mempengaruhi harga pasar untuk menguji nilai intristik pasar tersebut, maka seorang teknikalis berkonsentrasi pada studi aksi pasarnya.

Maka itu, jangan heran ketika ada perbedaan pendapat mengenai hargaa suatu saham mahal atau murah, bisa jadi harga rally yang anda dapat adalah hasil jualan dari seorang FA yang bagi dia sudah kemahalan, dan bisa jadi anda bisa JUAL saham anda yang sudah jatuh karena bagi seorang FA itu murah.

Itulah yang menjadikan pasar hidup toh? JUAL dan BELI.
Maka dari itu, berterima kasihlah, jika ada perbedaan pendapat yang anda temukan jika tidak, market close.



Source & Credit: Michaelyeoh on stockbit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIAGRAM VENN - DOWN TO UP ANALYSIS

Bagaimana melihat FEAR dan GREED di market

Mengantisipasi FALSE BREAK