How to Memorize Candle Stick Pattern PART 1 (HARAMI)


Candle Stick merupakan suatu metode yang ditemukan oleh Munehisa Homma dari Jepang. Beliau merupakan seorang pedagang beras yang berasal dari keluarga kaya raya., mempelajari semua aspek perdagangan beras seperti aspek fundamental cuaca hingga psikologis pasar, menjadikan Munehisa menemukan metodologi Candle Stick atau yang sering kita sebut dengan "LILIN"..

Singkat cerita dalam perkembangannya, candle stick ini memudahkan pelaku usaha dalam melihat PSIKOLOGIS pasar dibandingkan dengan melihat angka-angka dalam tabel..Visualisasi ini merupakan salah satu DASAR dalam melihat perkembangan pasar secara forecasting TAPI TIDAK BISA MENENTUKAN ARAH KESELURUHAN PASAR SECARA 100% AKURAT..

Berikut beberapa contoh penamaan POLA CANDLE STICK yang umum di gunakan dipasar =
1. Harami
2. Hammer
3. Shooting Star
4. Doji
5. Tweezer
6. Window (Gap)
7. Piercing and Dark Cloud
8. Abandoned Baby
9. Reversal Island
10. Engulfing
11. Three White Soldiers
12. Three Black Crows

HARAMI
Dalam bahasa Jepang, Harami seacara harafiah merupakan arti dari kata MENGANDUNG..

Seperti wanita mengandung jika dilihat dari samping, maka bentuk dari candle ini adalah MENGECIL di perdagangan ke dua..Keseluruhan body candle harus lah lebih KECIL baik dari OPEN maupun CLOSING..Dan warna candle harus bersebrangan..

A. Bearish Harami
Candle hijau panjang diikuti oleh candle pendek merah maka menunjukkan perdagangan pada candle kedua mencapai titik JENUH..Pasar tidak mendapatkan demand lebih bahkan tidak mampu melampaui harga opening, celakanya setelah harga rally pada candle sebelumnya..Sehingga ini mengindikasikan kecenderungan HARGA AKAN TERKOREKSI

B. Bullish Harami
Candle merah panjang diikuti oleh candle hijau pendek setelahnya maka ada indikasi harga sedang di LAWAN..Pembeli melakukan aksi pasar sehingga harga ditutup lebih tinggi dari harga pembukaan, bahkan setelah harga jatuh panjang di candle sebelumnya..Maka kecenderungan HARGA AKAN NAIK..

Candle TIDAK PERLU DI HAPAL tapi DI PAHAMI..Penamaan merupakan hal yang bebas karena tidak bersifat baku..Namun dengan menghapal penamaan candle yang umum, maka kita bisa lebih mudah menyampaikan kepada orang lain..







Source & Credit: Michaelyeoh on Stockbit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIAGRAM VENN - DOWN TO UP ANALYSIS

Bagaimana melihat FEAR dan GREED di market

Mengantisipasi FALSE BREAK