Tidak menjadi SUPER HERO dengan menguasai semua aliran (FOKUS)

FOKUS

Tidak ada seorang pun yang memulai sesuatu langsung dari tempat teratas..Pada kenyataannya, di market memerlukan proses bertahap secara konsisten yang biasanya lebih dari 5 tahun untuk mencapai hasil yang baik..Dilain sisi mungkin ada yang percaya bahwa keberhasilan bisa didapat karena nama besar keluarga, karena koneksi orang dalam, pendidikan, ataupun asal-usul..Faktanya, market memberikan suatu pelajaran yang berbeda..Keberhasilan hanya dapat diperoleh dengan kerja keras dan kerendahan hati untuk belajar..Di market, sifat sombong dan angkuh akan dipaksa untuk menjadi rendah hati..

Kita tidak bisa menjadi seorang value investor, swing trader, growth investing dan scalper pada saat yang bersamaan..Jika anda bermaksud untuk melakukan semua metode dalam waktu yang bersamaan, maka anda akan mendapatkan hasil kurang baik..

Untuk dapat menjadi expert dalam satu bidang diperlukan effort yang besar..Tidak hanya riset mendalam, juga diperlukan ketajaman menganalisa, latihan terus menerus dan sering mereview kesalahan yang dibuat.. Dalam 1 ilmu itu sendiri diperlukan fokus yang mendalam untuk menyerap semua prinsipnya..bagaimana kita bisa memahami semua metode?

Agar dapat memahami setiap gejolak market dengan pandangan jernih, kita harus rela mengorbankan strategi yang lain..Akan sulit jika semua metode kita gunakan karena kita perlu menjadi nomor satu dalam satu bidang, bukan semua bidang..

Sebagai contoh =
- Jika anda adalah seorang scalper, anda tidak boleh menyesal akan saham yang terbang setelah anda jual..
- Jika anda seorang swing trader, anda tidak boleh menyesal jika titik TS tersentuh..
- Jika anda seorang growth investing, anda tidak boleh menjual saham jika hanya jatuh 5-10%..
- Jika anda seorang value investing, anda tidak boleh takut jika saham jatuh lebih dari 30%..

Diperlukan MENTAL dan PSIKOLOGIS yang jelas berbeda dalam setiap METODE..Kunci dari setiap PLAN adalah memfokuskan diri pada HANYA satu metode..

Bagi anda yang belum menemukan jati diri anda, setidaknya ada 3 proses untuk menentukan dimana posisi yang paling tepat bagi anda di market =

1. GAGASAN
Gagasan bisa kita temukan dimanapun..Dalam bentuk buku, PDF, ebook, ulasan, thread, chanel, chart, ataupun sekedar opini semuanya adalah merupakan gagasan..
Dalam tingkat ini, kita akan menyaring semua informasi yang terbentuk dari beragam ide dan pemikiran manusia..Dengan perasaan campur aduk, tentunya tidak semua gagasan akan kita terima, kita akan memilih mana yang kita setuju dan mana yang tidak..Ketika kita sudah menentukan pilihan akan gagasan yang kita setujui, kita masuk pada tahapan selanjutnya..yaitu Keyakinan..

2. KEYAKINAN..
Keyakinan sifatnya lebih kuat dari gagasan..di tingkat lanjut ini, anda akan mengembangkan sendiri gagasan yang sudah anda yakini benar..anda akan menyaring info, mencari sumber lain, atau mencocokkan dengan ulasan2 dan data2 yang sekiranya sesuai dengan ide pilihan anda..Kemudian di tahap akhir dari keyakinan, anda akan melakukan keputusan untuk terjun di market.. Anda akan menggunakan ide awal yang tersebar di media yang telah anda kombinasikan sendiri dengan metode anda..

3. PENGALAMAN
Ini adalah tingkat terakhir yang menentukan dimana posisi terbaik anda di market.. Di sini lah ujian sesungguhnya bagi anda..Karena tak sedikit orang yg berhenti di level ini..Di tahap ini KONSISTENSI dan KETEKUNAN anda sedang diuji..Karena dengan kesalahan2 yang kita buat, terkadang kita harus sadar bahwa kita berada di tempat yang salah..Mungkin melakukan trading atapun investing tidaklah cocok dengan style anda sehingga anda harus membuang semua ide yang sudah anda lakukan di awal tadi..Mungkin metode ini bukanlah yang terbaik untuk anda..

Adalah lumrah bagi Psikologis manusia bahwa pikiran yang telah di masukkan oleh gagasan baru tidak akan mudah dikembalikan ke keadaan semula..Sehingga seringkali EGO kita untuk memulai dari AWAL lagi yang mengakibatkan kita stuck di satu level, berhenti pada akhirnya..Ada pengetahuan yang harus rela kita “BUANG” pada tahap ini..bukan karena pengetahuan tersebut buruk, tapi karena kita terjebak di metode yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita..

Kombinasi dari Gagasan, Keyakinan dan Pengalaman inilah yang dinamakan ILMU..Jika kita sudah melewati ke 3 proses ini, ILMU akan membuat kita dengan mudah menyaring informasi di market..baik itu sekedar Pom-pom, atau FEAR, ataupun hanya ulasan yang tak masuk akal..

Untuk menjadi ahli dalam mengendarai sepeda, seseorang tidak bisa serta merta menjadi AHLI dengan membaca 10 buku tentang cara mengendarai sepeda tanpa PRAKTEK..Pengalaman jatuh bangun, gagal dan mempelajari kegagalan itulah yang MENJADIKAN seseorang PROFESIONAL di bidangnya..

Waktu adalah MUTLAK.. Merupakan keunggulan utama yang dimiliki ritel, yang sayangnya terkadang kurang di sadari oleh sebagian besar dari kita..Karena TIDAK ada seorang pun yang mengharuskan kita secepatnya menghasilkan PROFIT di market..kecuali kita adalah seorang FUND MANAGER..TIDAK ada seorang pun yang mengharuskan kita menjadi AHLI dalam satu bidang dalam waktu tertentu..kecuali PERASAAN KITA SENDIRI yang terkadang menginginkan PROFIT INSTAN..





Source & Credit: Michaelyeoh on Stockbit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIAGRAM VENN - DOWN TO UP ANALYSIS

Bagaimana melihat FEAR dan GREED di market

Mengantisipasi FALSE BREAK