Harapan dan Target, serupa tapi tak sama


Ada yang bertanya seperti ini..
Kenapa saham ABCD naik pak? laporan keuangan kan jelek dan belum keluar?
Atau
Kenapa saham EFGH turun pak? kan beritanya bagus..
Dan ini jawaban saya..

Jika, suatu saham naik dan rally, maka secara psikologis kita akan mencari semua alasan untuk membenarkan rally tersebut..
Dan
Jika, suatu saham turun dan bearish, maka secara psikologis kita juga akan mencari semua alasan untuk membenarkan kejatuhan tersebut..

Lalu sekarang pertanyaan dari saya, sampai kapan kita harus disupiri hal yg di luar kemampuan kita?

Ini adalah hal yg bisa kita kontrol =
1. Money management
2. Psikologis
3. Analisis
4. Loss level and gain level

Dan ini adalah hal yg TIDAK bisa kita kendalikan =
1. Harga saham
2. News
3. Rumours
4. Corpt act

Kita tentu menyadari bahwa pembuat berita itu ada banyak,begitu juga Market Maker yang jumlahnya tidak sedikit serta porsi foreign yg besar..belum di tambah dengan Fund Manager dan Analist yg mampu menggerakkan ritel..

Maka dari itu, NAIK dan TURUN nya harga saham adalah kehendak MAYORITAS uang dalam bursa..bukan kehendak dari laporan keuangan emiten, news, rumour dan analist..apalagi dari bot

Jadi, segala berita tentang emiten yg kita miliki BOLEH kt terima sebgai masukan..tapi jangan pernah jadikan sebagai satu-satunya ALASAN untuk mengeksekusi BUY or SELL..karna jika pergerakan tidak sesuai kemauan anda, anda akan mencari pembenaran utk terus hold..karna ada “HARAPAN” yang anda tanam dalam emiten tersebut..

Ganti lah “Harapan” tersebut dengan “Target”..jadikan diri kita sebagai pengeksekusi handal yang tidak memasukkan emosi ke dalam market..seperti layaknya sebuah komputer yang disiplin dalam menjalankan sistem..

Save your money!






Source & Credit: Michaelyeoh on Stockbit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIAGRAM VENN - DOWN TO UP ANALYSIS

Bagaimana melihat FEAR dan GREED di market

Mengantisipasi FALSE BREAK