Kapan saatnya JUAL saham? Psikologis Lesson


PSIKOLOGIS - Newbie Lesson

Anda meraih profit dalam portofolio dan memutuskan menutup posisi..kemudian esoknya harganya naik..dan 1 bulan kemudian harga semakin naik jauh sehingga anda menyesalinya..sering mengalaminya?
Jika anda masih menyesali hal2 seperti ini, artinya psikologis anda belum BAIK

Ini merupakan contoh Real Case kombinasi antara psikologis dan trade plan untuk meraih profit maksimal =

Anda memiliki profit di 1 emiten..Anda beli di harga 1.000 dan price rally ke 1.100..
Maka posisi anda saat ini mempunyai floating profit 10%..lumayan ya? TP dulu? tunggu..

Langkah pertama, cari titik-titik SUPPORT di antara current price dan modal anda..andai kata di antara 1.000 dan 1.100 terdapat dua support yaitu di 1.080 kemudian di 1.050..
So, terdapat rentetan harga seperti ini
1.000 - 1.050 - 1.080 - 1.100

Kemudian ini yang penting, JANGAN merasa anda memiliki PROFIT 10%, tapi LATIH pikiran anda untuk melihat bahwa profit anda ada di RESIST terdekat dari modal anda..di kasus ini berarti 1.050 yaitu = 5%

Kemudian price action keesokan hari TURUN dan close di support pertama, saat itu floating profit anda menurun sisa 8%..maka anda akan merasa santai saja karena 5% adalah gambaran profit anda..

Kemudian, keesokan harinya lagi price action mengalami koreksi kembali dan close di 1.060..ada support baru di bentuk..HAMPIR menyentuh ke support “toleransi” anda di 1.050..
Floatingg profit anda pun SEMAKIN MENURUN LAGI yaitu sisa 6%..sewajarnya anda merada TAKUT di posisi ini..WAJIB usahakan dan abaikan perasaan tersebut karena ini masih dalam batas toleransi support..

Tapi tentunya anda harus mulai waspada jika harga turun di bawah 1.050, anda harus siap menutup posisi..

Kemudian keesokan lagi di hari ke 3..market pun open..berhubung koreksi sudah 2 kali ke support, price action pun RALLY dan menembus 1.080 kemudian tembus lg 1.100, closing di 1.150..floating profit anda yg awalnya 10%, saat ini sudah menjadi 15%..tentunya anda semakin gembira..lakukan TP? Tunggu dulu..

Anda punya tambahan 2 support sekarang..yaitu 1.060 dan 1.100 (yg dulunya resist)
So, ini rentetan harga baru
1.000 (modal) - 1.050 - 1.060 - 1.080 - 1.100 - 1.150 (harga sekarang)

Anda sudah memasuki TINGKATAN baru di fase ini..
Yang harus anda lakukan di fase ini adalah TINGGALKAN batas toleransi support 1.050 tadi, naikkan ke 1.060 (6% dari modal) atau 1.080 (8% dari modal)

Kemudian, ulangi langkah pertama..tapi KALI ini dengan current price baru 1.150

Berkreasilah dengan titik2 toleransi maksimal yang anda suka dan latih kemampuan anda melihat PENURUNAN harga itu sebagai sesuatu yang WAJAR..karena anak panah yg melesat itu perlu di“tarik” dulu ke belakang menggunakan tali busurnya..
Tapi perhatikan jangan sampai talinya putus ya?
Lebih baik memelihara ikan sampai besar daripada langsung memakannya

Ahh, rumit banget..saya gak ada waktu untuk memantau pergerakan setiap hari..
Pertama, anda bisa gunakan conditional order ATAU ubah timeframe anda yg awalnya daily menjadi weekly..lihat support dan resist dalam rentang yg lebih besar..latih dulu kemampuan anda melihat big view kemudian jika sudah mahir, kecilkan timeframe..jangan dulu paksa trading harian menggunakan hourly (seperti yg terkadang saya lakukan)..

Jika anda sering melatih pengalaman anda sepert ini, suatu saat ada saham yg rally atau jatuh setelah anda melepas posisi bukanlah masalah lagi bagi anda..

Dan itu artinya psikologis anda sudah BAIK..Congrats,,

Note : di kursus training saham berharga mahal, belum tentu ada pelajaran seperti ini..
Share ya jika bermanfaat





Source & Credit: Michaelyeoh on Stockbit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIAGRAM VENN - DOWN TO UP ANALYSIS

Bagaimana melihat FEAR dan GREED di market

Mengantisipasi FALSE BREAK