SUPPORT X RESISTANCE

Apa itu support? Apa itu resistance?
Masuk akal kah melihat harga saham menggunakan penggaris?

Ini adalah contoh price action dari $FILM, sengaja saya pilih yang baru2 IPO biar mudah dipahami.

1. Ketika di awal IPO, MD PICTURES yg berkode $FILM di BEI mengalami kenaikan yang impresif. Saya saat itu sempat mendapat tawaran dari sekuritas untuk mengambil posisi (gak kebagian)..

2. Ketika harga ARA berhari2, perdagangan akhirnya normal dan mengalami koreksi..Sempat menyentuh angka 800, dimana di angka ini masuklah BUYER yang di awal gak kebagian tadi dan upside hingga 935 (profit 10an%)..

3. Harga RALLY dan hingga menyentuh di atas 1.500, maka profit investor yang masuk di 800 tadi HAMPIR 100%..Aksi profit taking pun terjadi..secara massive..

4. Ketika aksi profit taking tersebut mengakibatkan harga terkoreksi, harga menyentuh kembali di 800..
Sampai di titik ini, posisikan diri anda sebagai investor tadi yang pernah meraih gain 100%..
Anda kemudian melihat price action lagi menyentuh angka 800..Kira-kira, apa yang anda lakukan? secara PSIKOLOGIS, anda akan melakukan BUY BACK dengan harapan bisa meraih GAIN lagi..mungkin tidak 100%, tapi sekitar 50% pun oke..
Ini lah yang dinamakan SUPPORT..sederhananya saya tarik dalam garis di chart (merah)..mengakibatkan harga pun upside ke 1.100 (profit 30% dalam 1 hari)

4. Kemudian aksi profit taking dilakukan lagi, sampai di suatu titik harga 800 jebol..
Maka, 800 ini adalah RESISTANCE..dan SEDERHANANYA LAGI, sy tarik dalam 1 garis (merah)..dimana 800 ini sudah menjadi angka pesimisme pasar..(Murah menjadi Mahal)

Kesimpulannya, apa itu SUPPORT DAN RESISTANCE?
Itu adalah angka, nominal, binary, dan batas probabilitas yang terjadi di pasar.. yang kemudian DI TARIK oleh TEKNIKALIS dalam bentuk garis, dimana hal ini akan terlihat LOGIS jika anda paham dasarnya, bukan hanya dengan melihat garis2 acak dalam 1 chart..

Jangan samakan dengan penggaris di toko ATK terdekat 😃


Source & credit: Michaelyeoh on Stockbit 10 April 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIAGRAM VENN - DOWN TO UP ANALYSIS

Bagaimana melihat FEAR dan GREED di market

Mengantisipasi FALSE BREAK