FIBONNACI GOLDEN RATIO (PHI) atau ANGKA TUHAN

Leonardo da Pisa atau Leonardo Pisano lahir pada tahun 1175-1250..Beliau adalah seorang matematikawan Italia, yang juga dikenal sebagai bapak Fibonacci dunia..memiliki peran dalam mengenalkan sistem penulisan dan perhitungan bilangan Arab ke dunia Eropa..

Bersama anaknya memimpin sebuah pos perdagangan dan beberapa artikel menyebutkan bahwa beliau adalah perwakilan dagang untuk Pisa di Bugia, Afrika Utara (sekarang bernama Bejaia, Aljazair)..Fibonacci berkelana ke sana untuk menolong ayahnya, dan di sanalah beliau belajar tentang sistem bilangan Arab.

Melihat sistem bilangan Arab lebih sederhana dan efisien dibandingkan bilangan Romawi, Fibonacci kemudian berkelana lagi ke penjuru daerah Mediterania untuk belajar kepada matematikawan Arab yang terkenal pada masa itu, dan baru pulang kembali sekitar tahun 1200-an.

Pada 1202, diusia 27, ia menuliskan apa yang telah dipelajari dalam buku Liber Abaci, atau buku perhitungan. Buku ini menunjukkan kepraktisan sistem bilangan Arab dengan cara menerapkannya ke dalam pembukuan dagang, konversi berbagai ukuran dan berat, perhitungan bunga, pertukaran uang dan berbagai aplikasi lainnya. Buku ini disambut baik oleh kaum terpelajar Eropa, dan menghasilkan dampak yang penting kepada pemikiran Eropa, meski penggunaannya baru menyebarluas setelah ditemukannya percetakan sekitar tiga abad berikutnya.

Deretan angka yang ditemukan Fibonacci yaitu 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, dst..Merupakan hasil dari penambahan angka di angka sebelumnya..Bisa anda coba sendiri..
Kemudian UNIKnya jika angka ini di-UBAH menjadi pembagi, maka di deretan ke 6 dan seterusnya kita akan menemukan HASIL yang SAMA yaitu 1.618..Dan jika pembagi ini dilampaui 1 angka maka juga memperoleh hasil yg sama yaitu 0.381..sebuah angka yang FAMILIAR jika anda sering menggunakan fibonacci (dengan tepat)..

Sebuah algoritma yang pada jamannya disebut GOLDEN RATIO/PHI atau yang sering disebut BILANGAN TUHAN..

Lalu apa yang menarik dari PHI ini?
Pada abad-abad seterusnya ternyata beberapa ahli menemukan bahwa kehidupan di semesta dan alam amat berhubungan erat dengan struktur dari Fibonaci..
1. “Codex Leicester” manuskrip kuno yang salinan aslinya saat ini di pegang oleh Bill Gates saat ini digadang2 sebagai jurnal termahal di dunia (kisaran 400 bio)..
Leonardo Da Vinci dalam Codex merinci hal-hal yang terkait dengan air serta hubungan planet bumi, bulan, dan matahari, anatomi tubuh manusia, binatang dan lain-lain..DaVinci membuat sketsa tubuh manusia tidak sembarangan, dengan analisa langsung menggunakan mayat dan mengukur tingkat presisi..dan setelah di teliti, ternyata tubuh manusia sendiri jika di ukur dr pusar ke kaki adalah 1, maka panjang dari pusar ke kepala adalah 0,618 dari ukuran pertama..Golden Ratio...
Begitu juga selanjutnya peneliti lain menemukan golden ratio yang sama di wajah, dimana wajah seseorang akan semakin ideal “tampan/cantik” jika mendekati golden ratio 0,618 di alis..itu alasan lukisan Monalisa terlihat amat rupawan karena mengikuti alur dari struktur golden ratio..
Struktur yg sama juga di temukan di bagian tubuh lainnya seperti ruas jari, panjang lengan, panjang kaki, paru-paru, dst..(lengkapnya silahkan cek sendiri)

2. Kota Mekkah jika di ukur dari Lintang kutub utara dan Lintang kutub selatan adalah persis 1.618..dan belum cukup smpai disitu, proporsi jarak dari Mekah ke garis titik balik matahari dari sisi barat dan perimeter garis lintang dunia pada saat itu juga sama dengan Golden Ratio – 1,618..

3. Golden Ratio juga banyak ditemukan di struktur berbagai jenis bunga di seluruh belahan dunia..

4. Prinsip Golden Ratio saat ini digunakan dalam dasar ilmu design grafis serta menjadi dasar literatur penciptaan teknologi algoritma didunia maya..

5. Dst

Berdasarkan hukum Sir Isac Newton, di bukunya Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica tahun 1687 berbunyi =
"Sebuah benda yang bergerak akan tetap bergerak, sampai dengan adanya kekuatan lain bekerja padanya (bila kekuatannya sama maka gerakannya terhenti, bila kekuatannya lebih besar maka gerakannya berubah arah)"..

Maka ternyata terdapat kesamaan pergerakan dengan deretan fibonacci..Pergerkaan ini sering di uji coba secara teknis oleh fisikawan dengan menilai lemparan bola, pergerakan kendaraan, pergerakan angin, dst bahkan hingga kini diaplikasikan dengan pergerakan harga SAHAM..

Maka dari itu Fibonacci bukanlah ilmu terapan, tapi merupakan ilmu dasar..sehingga anda TIDAK akan menemukan FIBONACCI di bagian indikator pada sebuah tools analisa..jika anda menemukan fibonaci di bagian indikator, maka sy pastikan programer OLT itu keliru 😃

Tidak percaya? sah-sah saja..

$BBCA Perhatikan pergerakan saham BBCA secara WEEKLY di bawah..

Harga BBCA mengalami downtrend dari puncak pada awal 2020 di 32.500 selama 3 bulan ke 21.600 di Maret..

Kemudian BBCA berangsur rebound, pulih perlahan..pertanda ada kekuatan dan optimisme dari pelaku pasar..yang tentunya digerakkan oleh prinsip dasar psikologis dan terkalkulasi..kenaikan ini kemudian kita masukkan ke dalam area bilangan FIBONACCI..

Saya mencoba mengcompare copy dari “human anatomy” Davinci di platform Stockbit dengan chart Trading View SESUAI dengan angka BBCA..
Kaki di 0%, kepala di 100%..

Maka kita menemukan PUSAR atau golden ratio 0,618 dari manusia di angka 30.000..
Dan unikny, TEPAT di angka fibo 61,8% inilah BBCA TERHENTI membentuk pola double bottom..menjadi RESISTaNCE yang anda tau di uji berapa kali? sekitar 7 kali TEPAT di area highest/lowest dan closing/opening (lingkar kuning)..

Jika kita MASUK di timeframe DAILY, angka PHI ini di validasi sudah BELASAN kali..bukan hanya sekedar melewati, tapi TERTAHAN..

Oh ya, angka penting 50% jg di validasi kurang lebih 10 kali yang posisinya tepat di (maaf) alat kelamin..(silahkan cek sendiri angkanya)

Bapak belajar beginian ada guna buat bursa gak sih? Ya NGGAK buat kamu!
Seorang analist bisa menjual lusinan TEORI yang membuat calon investor baru berdecak kagum..bahwa betapa luasnya pemahamam beliau terhadap market..Tapi yang membuat anda bisa fight di market itu sederhana, bukan teori2 rumit yang mendasari..


Inti dari semua teori dan artikel adalah eksekusi anda “BELI SAHAM APA, JUAL DI BERAPA?”






Source & Credit: Michaelyeoh on Stockbit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIAGRAM VENN - DOWN TO UP ANALYSIS

Bagaimana melihat FEAR dan GREED di market

Mengantisipasi FALSE BREAK