Jangan MENCINTAI SAHAM

PSIKOLOGIS for TRADER – NEWBIE LESSON 2


MENCINTAI dan MEMBENCI SAHAM
Bayangkan anda adalah seorang pebisnis mobil second..Di awal2 operasional bisnis anda berjalan lancar..anda meraih keuntungan besar di quartal pertama.. Keuntungan anda sebagian besar di dominasi oleh penjualan mobil sedan..Karena pada saat itu sedang trend mobil sedan, anda pun memutuskan fokus menambah stock unit-unit showroom anda dengan mobil sedan..Anda terus meraih profit..Anda pun senang dan merasa “cinta” dengan segala jenis mobil sedan..segala jenis mobil sedan anda pelajari fitur, keunggulan, kelemahan serta harga-harganya..

Kemudian di bulan ke 4, penjualan mobil sedan mulai lesu..Ternyata masyarakat menilai mobil sedan tidak lagi efektif dan fungsional..Selain karena terlalu boros, kapasitas muatan juga terlalu kecil untuk ukuran keluarga..Permintaan pasar pun perlahan beralih..Dari mobil sedan perlahan ke mobil keluarga (MPV)..

Sehinga di bulan ke 5 setelah penjualan massal oleh masyarakat, terjadi penumpukan mobil sedan di pasaran (over supply)..Berdasarkan hukum CETERIS PARIBUS, tentunya semakin banyak barang semakin murah harganya.. Apa yang anda lakukan sebagai seorang pebisnis? jika anda menaruh EMOSI anda pada barang dagangan, anda akan merasa bahwa harga sedan yang semakin murah sebagai peluang dan anda memutuskan membeli lebih banyak untuk menjadi stock..

INI BERBAHAYA..
Bagaimana anda tau bahwa pasar sedan yang anda cintai itu akan bergairah kembali?Jika hanya karena “perasaan” senang karena pernah meraih keuntungan dari sektor ini, itu BUKANLAH alasan yang kuat..Bisa jadi harga yang LEBIH murah sekarang bukan lagi MURAH bagi market, tapi MURAHAN (support menjadi resistance = link)

Seorang pedagang yang baik TIDAK menaruh EMOSInya dalam pasar..Tapi mereka MEMAINKAN emosi pasar dan mencari yang terbaik untuk kelangsungan bisnisnya.. Dalam hal ini adalah portofolio anda..Tentunya strategi terbaik adalah mengikuti trend yang sedang terjadi (following trend)..

Pedagang yang jeli adalah yang melihat perubahan trend, dan kemudian memutuskan ikutan menjual mobil-mobil MPV..Tentunya mereka akan meraih keuntungan lebih besar daripada pedagang yang masih menggunakan cara lama..

HISTORY REPEAT IT SELF..di dalam dunia saham, tidak ada perubahan dari masa ke masa..Saham yang naik adalah yang banyak peminatnya..
MARKET NEVER SAME..di dalam market, tidak ada yang sama dalam trend..Saham pemimpin silih berganti..jika dulu yang diminati adalah yg LK nya bagus, eh di tahun kemarin yg merger dan akuisisi yang naik :D

Bagi seorang trader yang sering berkata :
- “Saham ini baik bagi saya”
- “Saham itu merugikan saya, lebih baik di jauhi”
Maka psikologis trader tersebut belum baik..

CINTAILAH hanya kepada saham yang AKAN memberikan untung..loh kok pakai kata akan?
Ya, karena jika saya menggunakan kata yang SUDAH memberikan anda untung, maka BELUM tentu saham tersebut akan memberikan anda keuntungan terus menerus..begitu juga sebaliknya jika anda mengalami kerugian dalam 1 saham, BELUM TENTU saham tersebut akan terus downtrend dan memberikan anda kerugian terus sampai akhir hayat seperti kisah Avengers END GAME..

Jika mencintai saham yang sekiranya “akan” memberikan keuntungan berarti memerlukan analisa, maka cintailah ANALISA mu..
Bukan mencintai marketnya, sahamnya, pemilik perusahaannya, bisnis perusahaannya, atau broker anda..apalagi mencintai saya😃




Source & Credit: Michaelyeoh on Stockbit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIAGRAM VENN - DOWN TO UP ANALYSIS

Bagaimana melihat FEAR dan GREED di market

Mengantisipasi FALSE BREAK